Badan Geologi

Pusat Survei Geologi

Jurnal Geologi dan Sumber Daya Mineral

Vol. 15 No. 1, Februari 2014

Kata Pengantar

JGSM

ISSN 0853 - 9634

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas rahmat dan hidayah-Nya maka tahun ini Jurnal Geologi dan Sumberdaya Mineral kembali hadir menemani pembaca untuk memberikan informasi mengenai dunia kegeologian di Indonesia. Jurnal Geologi dan Sumberdaya Mineral pada edisi ini menampilkan beberapa tulisan yang merupakan hasil penelitian para ahli geologi di beberapa wilayah di Indonesia.

Pada bagian depan edisi ini disajikan artikel ilmiah mengenai sedimen pasang surut di Kali Keruh Pekalongan yang diharapkan akan memberikan informasi mengenai karakteristik endapan pasang surut di wilayah ini, aspek-aspek yang mengkontrol pembentukannya serta yang paling menarik adalah analisis geologi kemungkinan proses-proses yang terjadi di masa lampau yang dibahas pada tulisan ini. Artikel lain yang disajikan juga merupakan hasil penelitian mengenai proses sedimentasi, namun sedimentasi pada Zaman Kuarter dimana pada artikel ini dijelaskan mengenai proses pengisian cekungan sedimen serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Pembaca yang Budiman,

Metode untuk mengetahui proses-proses geologi selalu berkembang sejalan dengan perkembangan jaman. Dalam penelitian mengenai umur fosil di Jawa dilakukan pendekatan metode magnetostratigrafi, sehingga diketahui urutan kejadian mengenai keberadaan fosilfosil purba di beberapa daerah di Jawa seperti di daerah Sangiran, Trinil, Kedungbrubus, Mojokerto dan Pattiayam. Pemanfaatan metode geofisika dengan menggunakan data-data mikrotremor juga dilakukan para ahli geologi untuk mendapatkan informasi pola struktur bawah permukaan di daerah Klaten dan sekitarnya yang ditutupi oleh endapan material vulkanik yang berasal dari Gunung Merapi. Penelitian ini akan sangat bermanfaat dalam pengembangan metode untuk mendukung upaya mitigasi bencana geologi sehingga sangat layak untuk dipublikasikan.

Edisi ini juga memuat artikel ilmiah mengenai teknik analisis sumber daya mineral dengan menggunakan metode fire assay. Teknik ini diharapkan akan menjadi pilihan bagi pembaca yang tertarik dengan penelitian mengenai keberadaan mineral logam terutama emas.

Akhirnya redaksi menyampaikan selamat membaca dan semoga pembaca dapat mengambil manfaat dari penerbitan publikasi ini dan semoga penerbitan ini juga semakin menarik minat pembaca untuk memberikan kontribusi makalah untuk diterbitkan dalam Jurnal Geologi dan Sumberdaya Mineral. Selamat bertemu lagi dalam terbitan di edisi berikutnya.

Salam Dewan Redaksi

Daftar Isi