Badan Geologi

Pusat Survei Geologi

Jurnal Geologi dan Sumber Daya Mineral

Vol. 15 No. 3, Agustus 2014

Kata Pengantar

JGSM

ISSN 0853 - 9634

Pembaca yang Budiman,

Dengan diiringi rasa syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Jurnal Geologi dan Sumber Daya Mineral kembali hadir kepada pembaca dan memberikan informasi mengenai penelitian kebumian terkini. Pada edisi ini, redaksi banyak menghadirkan makalah-makalah yang menyangkut aspek kegeologian dan sumberdaya mineral. Sebagaimana diketahui bersama bahwa fokus penelitian para ahli banyak diberikan kepada upaya untuk menggali potensi sumber daya mineral dan hidrokarbon di wilayah Indonesia.

Tipe batuan sumber, diagenesis, maupun tektonik merupakan beberapa variabel yang sangat penting dalam proses pembentukan hidrokarbon. Beberapa peneliti Pusat Survei Geologi yang secara intensif melakukan penelitian mengenai potensi hidrokarbon di beberapa cekungan sedimen telah mengeluarkan hasil yang dipandang layak untuk diketahui pembaca sekalian. Penelitian mengenai Cekungan Barito semakin dalam mengkaji karakteristik batuan sumber potensi hidrokarbon di cekungan ini. Dalam makalah mengenai hasil penelitian ini, pembaca akan dapat mengetahui bagian-bagian dari Cekungan Barito yang merupakan tipe humic maupun sapropelic. Tipe-tipe ini diketahui akan memberikan kontribusi yang berbeda sebagai pembentuk hidrokarbon maupun batubara. Hasil penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal edisi ini adalah penelitian di Cekungan Ketungau dan Melawi yang secara mendalam mengkaji diagenesis batupasir di cekungan ini. Pembaca dapat mengetahui informasi mengenai tingkat kematangan diagenesis batupasir dari hasil penelitian ini. Satu lagi hasil penelitian yang menarik untuk dibaca adalah hasil penelitian mengenai kontrol tektonik kompresi kerak Benua Australia dan kerak Samudera Pasifik terhadap keterdapatan hidrokarbon di Papua.

Rare earth elements merupakan primadona baru dalam pengembangan penelitian sumber daya mineral. Unsur-unsur yang dipandang sebagai potensi masa depan ini belum banyak dikenal oleh masyarakat. Untuk itu dalam menjawab tantangan tersebut, para ahli berusaha keras untuk memberikan informasi mengenai aspek genesa, keterdapatan, maupun metode eksploitasi komoditas ini. Dalam edisi ini diterbitkan satu makalah mengenai kandungan rare earth elements yang ada dalam sisa-sisa tambang timah di Pulau Singkep.

Edisi ini juga memuat artikel ilmiah mengenai kebencanaan berupa identifikasi potensi bencana geologi di Dataran Pantai Jepara berdasarkan analisis sedimentologi dan stratigrafi. Redaksi berharap informasi hasil penelitian ini bermanfaat bagi para pengambil kebijakan dalam perencanaan pengembangan wilayah menyangkut potensi bencana abrasi, pendangkalan, maupun liquifaksi di Dataran Pantai Jepara.

Akhirnya redaksi menyampaikan selamat membaca dan semoga pembaca dapat mengambil manfaat dari penerbitan publikasi ini dan semoga penerbitan ini juga semakin menarik minat pembaca untuk memberikan kontribusi makalah untuk diterbitkan dalam Jurnal Geologi dan Sumber Daya Mineral. Selamat bertemu lagi dalam terbitan di edisi berikutnya.

Salam Dewan Redaksi

Daftar Isi