Badan Geologi

Pusat Survei Geologi

Jurnal Geologi dan Sumber Daya Mineral

Vol. 17 No. 1, Februari 2016

Kata Pengantar

JGSM

0853 - 9634

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas rahmat dan hidayah-Nya maka di tahun 2016 ini Jurnal Geologi dan Sumberdaya Mineral kembali hadir menemani pembaca untuk memberikan informasi mengenai perkembangan penelitian di dunia kegeologian di Indonesia.

Seperti kita ketahui bersama bahwa industri minyak dan gas bumi maupun industri pertambangan pada saat ini sedang mengalami masa-masa sulit. Namun demikian penelitian­penelitian ilmu kebumian masih gencar dilakukan untuk mencari indikasi potensi minyak dan gas bumi maupun sumber daya mineral. Salahsatu hasil penelitian yang dilakukan para ahli pada Formasi Cinambo di Majalengka dimuat pada jumal edisi ini menunjukkan bahwa formasi ini memiliki potensi sebagai batuan induk hidrokarbon. Selain dengan melihat karakteristik kandungan organik sebagaimana penelitian yang dilakukan pada Formasi Cinambo, penelitian juga dilakukan dengan melihat kehadiran mineral-mineral getas pada lapisan serpih. Penelitian "brittleness index" lapisan serpih Formasi Kelesa yang menunjukkan bahwa kehadiran mineral-mineral getas sangat berpengaruh terhadap potensi formasi ini sebagai batuan induk hidrokarbon.

Tidak hanya untuk minyak dan gas bumi, kegiatan penelitian untuk mendukung eksplorasi mineral juga masih terns berjalan. Salahsatu hasil penelitian mengenai potensi mineral yang dimuat dalam jumal edisi ini adalah penelitian yang berbasis kepada penafsiran citra Digital Elevation Model (DEM). Penafsiran terhadap citra DEM daerah Salopa Jawa Barat mengidentifikasi kelurusan-kelurusan yang menunjukkan potensi keterdapatan mineralisasi emas.

Pembaca yang Budiman,

Jurnal edisi ini juga menyajikan dua artikel mengenai penelitian yang berkaitan dengan geologi Kuarter. Artikel pertama menyangkut isu yang cukup populer saat ini yaitu mengenai keberadaan gunungapi purba di Gunung Padang Cianjur. Hasil penelitian ini mencoba memberikan gambaran mengenai kondisi geologi daerah Gunung Padang berdasarkan urutan kejadian geologi. Artikel lain juga mencoba memberikan informasi geologi bawah permukaan, namun menggunakan metode yang berbeda yaitu metode mikrotremor. Dengan metode ini maka informasi mengenai konfigurasi cekungan Kuarter di wilayah Kota Mataram dapat digambarkan dengan lebih jelas.

Akhimya redaksi menyampaikan selamat membaca dan dapat mengambil manfaat dari penerbitan publikasi ini. Semoga penerbitan ini juga semakin menarik minat pembaca untuk memberikan kontribusi makalah untuk diterbitkan dalam Jumal Geologi dan Sumberdaya Mineral. Selamat bertemu lagi dalam terbitan di edisi berikutnya.

Salam Dewan Redaksi

Daftar Isi