Badan Geologi

Pusat Survei Geologi

Jurnal Geologi dan Sumber Daya Mineral

Vol. 17 No. 4, November 2016

Kata Pengantar

JGSM

0853 - 9634

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan hidayah-Nya, sehingga pada akhir tahun 2016 ini Jurnal Geologi dan Sumberdaya Mineral dapat hadir memberikan tambahan wawasan bagi pembaca mengenai informasi terbaru tentang keilmuan geologi di Indonesia.

Seiring dengan keinginan pemerintah untuk lebih menggalakan teman minyak dan gas bumi maupun komoditi industri pertambangan pada saat ini, maka berap penelitian yang terkait dengan hal tersebut masih gencar dilakukan oleh para ahli geologi maupun geofisika di Indonesia. Penelitian yang bersifat keilmuan geologi menjadi dasar dalam mengaplikasikan ilmu geologi dalam mencari dan menemukan sumber energi dan mineral baru di Indonesia. Salah satuhasil penelitian yang dilakukan para ahli adalah tentang pencarian sumber mineral dan mengetahui komposisi penyusun bumi dengan metode teknik inderaan jauh hyperspektral. Dengan Hymap yang dihasilkan oleh metode tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran sumber-sumber mineral dan komposisi penyusun bumi yang lebih bagus. Tidah hanya itu, jurnal ini juga memuat penelitian dengan fasies, lingkungan pengendapan dan sifat fisik dan porositas batuan karbonat Formasi Parigi di daerah Karawang Jawa Barat. Selain metode inderaan jauh, metode geofisika berupa metode gaya berat (gravity), juga dilakukan dalam penelitian untuk konfirgurasi cekungan yang nantinya diharapkan dapat memberikan gambaran bawah permukaan suatu cekungan sedimen di daerah Kalimantan Timur.

Pembaca yang Budiman,

Jurnal edisi akhir tahun ini juga menyajikan dua artikel tentang daerah Timor Barat. Artikel pertama mengenai batuan Tersier biasanya menjadi objek penelitian tetapi pada jurnal kali ini batuan Pra-Tersier menjadi topik bahasan terutama terkait dengan kandungan polen yang ada pada batuan tersebut. Dengan mengetahui kandungan tersebut diharapkan dapt mengungkap bagaimana batuan berumur Perem di daerah Timor Barat terbentuk. Analisis geokimia batuan gunungapi di daerah ini juga menjadi topik penelitian yang tidak kalah menariknya. Analisis tersebut dapat mengungkapkan tatanan tektonik daerah Timor Barat serta implikasi yang terjadi di daerah tersebut.

Akhirnya redaksi menyampaikan selamat membaca dan dapat mengambil manfaat dari penerbitan publikasi ini. Semoga publikasi ini semakin menarik minat pembaca untuk memberikan kontribusi tentang hasil-hasil penelitiannya berupa artikel untuk diterbitkan pada Jurnal Geologi dan Sumberday Mineral. Selamat bertemu kembali dalam terbitan edisi berikutnya pada awal tahun 2017.

Salam Dewan Redaksi

Daftar Isi