Badan Geologi

Pusat Survei Geologi

Jurnal Sumber Daya Geologi

Vol. 18, No. 3, Juni 2008

Kata Pengantar

JSDG

ISSN 1829-5819

Pembaca yang budiman,
Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan YME, karena atas berkah dan rakhmat-Nya Jurnal Sumber Daya Geologi ini dapat terbit menemui para pembaca.

Seperti biasanya jurnal ilmiah ini terbit dengan lima makalah, yang kali ini terdiri dari Geo-Resources (dua makalah) dan Geo-Dinamics (tiga makalah). Makalah bertema Geo-Resources yang pertama mengetengahkan hasil kajian struktur bawah permukaan daerah Semarang dan sekitarnya berdasarkan metoda gaya berat dan magnet. Walaupun masih sangat awal dan argumen yang dipakai masih belum rinci, tulisan ini sekurangnya dapat memberikan gambaran bahwa struktur geologi di daerah Semarang dan sekitarnya memungkinkan sebagai cebakan sumber daya geologi seperti gas alam dan hidrokarbon. Makalah kedua mengajukan pemikiran potensi panas bumi di daerah Pandegelang dan sekitarnya. Di dalam makalah ini berbagai data geofisika dan geologi yang tersedia dari hasi pekerjaan sebelumnya dipaduserasikan untuk menafsir kemungkinan potensi panas bumi.

Tiga makalah yang bertema Geo-Dinamics masing-masing mempunyai tujuan dan pendekatan yang berbeda. Makalah pertama mencoba menjelaskan dinamika Sesar Citarik di Pulau Jawa bagian barat dengan mengintegrasikan berbagai data indraan jauh yang dikombinasikan dengan hasil analisis struktur kekar di lapangan. Sesar yang, menurut makalah ini, masih aktif dan berpotensi menimbulkan gempa bumi ini perlu diperhatikan di dalam perencanaan pengembangan infrastruktur terutama di daerah Jabotabek dan Pelabuhanratu. Makalah kedua lebih menekankan pembahasannya pada kenampakan morfologi dasar laut hasil pengukuran seismik di wilayah perairan selatan Pulau Laut, Kalimantan, yang secara geologi merupakan daerah peralihan antara Indonesia bagian barat dan Indonesia bagian timur. Makalah ketiga mengkaji morfostratigrafi yang dikenal sebagai Tuf Maninjau di Sumatra Barat untuk mengetahui gerak-gerak tektonik di daerah ini. Selanjutnya makalah ini menjelaskan hubungan antara gerak-gerak tektonik ini dengan proses pembentukan Ngarai Sianok, yang merupakan lembah memotong seri endapan tuf ini.

Akhirul kata Redaksi mengucapkan selamat menyimak.

Dewan Redaksi

Daftar Isi

Sidarto

Dinamika Sesar Citarik

Sari

Sesar Citarik yang berarah utara timur laut - selatan barat daya memotong Jawa - Barat melalui Pelabuhanratu, Bogor, Bekas...