Badan Geologi

Pusat Survei Geologi

Jurnal Sumber Daya Geologi

Vol. 19, No. 1, Februari 2009

Kata Pengantar

JSDG

1829-5819

Pembaca yang budiman,

Kepekaan para peneliti dalam menyajikan data dasar di bidang geo-sciences, geo-environments dan geo-resources dapat ditampilkan pada Jurnal Sumber Daya Geologi terbitan kali ini.
Makalah geo-sciences pertama membahas dinamika perubahan mineralogi dari waktu ke waktu berdasarkan hasil uji XRD pada batuan gunung api Kuarter di daerah Lombok Timur. Makalah kedua mengungkapkan dinamika airtanah dalam dengan menggunakan pentarikhan radioisotop 14C untuk mengetahui pola gerak (migrasi) dan imbuhannya. Makalah ketiga mengetengahkan faktor kendali tektonik regional dan lokal dalam perubahan sistim lingkungan pengendapan di Teluk Klabat, Kabupaten Bangka Induk.

Pembahasan geo-environments kali ini memberikan peringatan akan pengaruh gempa bumi terhadap Kota Makasar berdasarkan analisis mikrozonasi mikrotremor yang menampilkan nilai perioda dominan batuan dan tanah setempat sebagai parameter dasar kerentanan wilayah terhadap bahaya gempa bumi. Sedangkan makalah kedua dalam kelompok ini membahas mengenai keberadaan struktur geologi bawah permukaan berdasarkan analisis gaya berat di daerah rencana tapak pembangkit listrik tenaga nuklir Gunung Api Genuk, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Makalah terakhir bidang geo-resources dalam jurnal ini membahas kemungkinan keberadaan perangkap struktur dan stratigrafi hidrokarbon serta potensinya berdasarkan analisis geologi dan geofisika gaya barat di daerah cekungan sedimentasi Bone Utara.

Sebagai penutup, dewan redaksi mengucapkan selamat membaca jurnal ini yang berisikan data-data dasar, dengan harapan agar dapat dijadikan acuan dalam pengembangan ilmu kebumian sesuai dengan bidang masing-masing.

Dewan Redaksi

Daftar Isi