Badan Geologi

Pusat Survei Geologi

Jurnal Sumber Daya Geologi

Vol. 21 No. 4, Agustus 2011

Kata Pengantar

JSDG

ISSN 1829-5819

Pembaca yang budiman,

Suatu kegembiraan dan rasa syukur yang tidak terhingga bagi redaksi untuk kembali hadir bersama pembaca pada penerbitan jurnal edisi bulan Agustus ini. Dalam kesempatan ini kami menyajikan beberapa makalah ilmiah yang terdiri atas makalahmakalah berlingkup geosciences, geodynamics, dan georesources.

Makalah geosciences pertama merupakan overview proses dan sumber magma pada daerah penunjaman yang mungkin dapat dimanfaatkan dalam eksplorasi mineral, terutama yang berkaitan dengan sistem hidrotermal. Selanjutnya, makalah yang membahas hasil penelitian sedimen endapan Sungai Citarum di wilayah Kecamatan Pacet dan Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Endapan Sungai Citarum di wilayah ini diduga merupakan efek eksternal yang berkaitan dengan perubahan iklim dan tidak berkaitan dengan luapan sungai. Makalah terakhir dalam lingkup geosciences merupakan makalah yang membahas implikasi tektonik dari proses penunjaman Lempeng Samudera Cina Selatan pada Kala Oligo-Miosen yang tercermin petrologi dan geokimia gunungapi Jelai di daerah Malinau Kalimantan Timur

Satu-satunya makalah geodynamics yang diterbitkan pada edisi ini mengetengahkan hasil analsis gaya berat dan data-data kegempaan yang digunakan sebagai dasar pembuatan model struktur subduksi kerak di perairan Laut Maluku, serta untuk melakukan analisis vulkanisme di daerah ini. Analisis pemodelan gaya berat menunjukkan adanya subduksi di bawah Pulau Halmahera yang miring curam ke arah timur, serta hadirnya sesar-sesar mendatar di bagian barat dan sesar-sesar naik di bagian timur yang mengkontrol vulkanisme di daerah ini.

Penelitian lingkungan pengendapan batubara di Cekungan Sumatera Selatan, daerah Sarolangun yang dilakukan dengan analisis kandungan maseral dan didukung oleh datadata assosiasi sedimen serta karakteristik palinologi menghasilkan kesimpulan bahwa batubara ini diendapkan pada lingkungan transisi sampai marin.

Selanjutnya, redaksi mengharapkan makalah-makalah yang disajikan pada edisi ini akan bermanfaat bagi pembaca dan menyumbangkan kontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan kebumian. Redaksi juga akan terus meningkatkan kualitas dalam penerbitan-penerbitan selanjutnya sehingga dapat memenuhi kebutuhan para pembaca.

Salam,
Dewan Redaksi

Daftar Isi