Badan Geologi

Pusat Survei Geologi

Jurnal Sumber Daya Geologi

Vol. 21 No. 5, Oktober 2011

Kata Pengantar

JSDG

ISSN 1829-5819

Pembaca yang budiman,

Dalam penerbitan bulan Oktober 2011 ini Jurnal Sumber Daya Geologi menyajikan lima makalah, yang mempunyai subyek berbeda, namun cukup menarik untuk ditelaah. Tiga pertama merupakan maklah geodynamics, yang erat kaitannya dengan tektonik daerah yang bersangkutan, walaupun mempunyai perbedaan penekanan uraian dan daerah penelitian. Dua makalah berikutnya merupakan makalah georesources.

Makalah pertama membahas tektonostratigrafi bagian timur Sulawesi, yang erat hubungannya dengan tektonik. Kawasan ini dikenal cukup kompleks kondisi geologinya. Diuraikan dengan jelas kompleks ofiolit yang tersesarnaikkan ke atas kepingan benua, kemudian keduanya ditutupi Molasa Sulawesi. Walaupun daerah penelitiannya berbeda, makalah kedua membahas tektonik di bagian utara Sumatra yang dihubungkan dengan bukaan pada bagian barat Australia. Makalah ketiga membahas Kelompok Embaluh-Rajang di Kalimantan Timur. Kelompok ini dikenal mengalami polideformasi yang kuat. Makalah kempat membahas batubara dari Formasi Muaraenim, Sumatra Selatan, yang mempunyai potensi untuk pengembangan gas metana batubara. Terakhir, makalah kelima menguraikan potensi gas biogenik pada endapan Kuarter di pantai Indramayu, yang cukup baik sebagai informasi awal untuk ditindaklanjuti penelitian lebih mendalam agar dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif.
Sekiranya perlu kami informasikan bahwa Jurnal Sumber Daya Geologi yang sebelumnya terbit enam kali setahun, mulai tahun 2012 akan terbit empat kali dalam setahun.
Akhirul kata, Dewan Redaksi mengucapkan selamat membaca kelima makalah tersebut, yang memaparkan beberapa hal baru yang belum terungkap sebelumnya.

Salam,
Dewan Redaksi

Daftar Isi