Badan Geologi

Pusat Survei Geologi

Jurnal Sumber Daya Geologi

Vol. 23, No. 3, Agustus 2013

Kata Pengantar

JSDG

ISSN 1829-5819

Pembaca yang budiman,

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas rahmat dan hidayahNya maka pada edisi ini redaksi kembali menghadirkan Jurnal Sumber Daya Geologi kepada para pembaca. Pada edisi ini redaksi menghadirkan 5 (lima) artikel yang terdiri dari artikel lingkup ilmu geo-sciences dan geo-resources.

Artikel dari lingkup ilmu geo-science yang dimuat pada edisi ini membahas karakteristik batuan sedimen halus pada Sub Cekungan Mandai dan batuan vulkanik Pegunungan Rian di Kalimantan serta batugamping Formasi Nakfunu di daerah Timor Tengah Selatan. Dari penelitian menggunakan analisa dengan metode Scanning Electron Microscope (SEM) diketahui bahwa sedimen halus di Sub Cekungan Mandai telah mengalami diagenesis dalam kategori mesodiagenesis. Penelitian terhadap batuan vulkanik di daerah lain di Kalimantan, yaitu di Pegunungan Rian memperjelas adanya implikasi proses kristalisasi sebagian terhadap perbedaan komposisi magma.

Pada artikel lingkup geo-sciences juga terdapat hasil penelitian mengenai mikrofasies dan diagenesia batugamping Formasi Nakfunu di daerah Timor Tengah Selatan yang sangat menarik untuk disimak mengingat banyaknya informasi yang dapat diperoleh dari hasil penelitian ini mengenai mekanisme pengendapan maupun proses-proses geologi yang terjadi setelah masa pengendapan sedimen di daerah ini. Sebagai pengayaan pada artikel geo-science edisi ini juga membahas mengenai hubungan Lembah Sadeng, Cekungan Baturetno dan Teras Bengawan Solo, jawa bagian tengah.

Bagi pembaca yang tertarik kepada penelitian yang berhubungan dengan sumber daya mineral dan energi, pada edisi ini redaksi mengetengahkan artikel mengenai hubungan antara magmatisme dengan keterdapatan sumberdaya mineral dan energi di daerah Tapanuli Selatan

Akhirnya redaksi menyampaikan selamat membaca dan semoga pembaca dapat mengambil manfaat dari penerbitan publikasi ini dan semoga penerbitan ini juga semakin menarik minat pembaca untuk memberikan kontribusi makalah untuk diterbitkan dalam Jurnal Sumber Daya Geologi. Selamat bertemu lagi dalam terbitan di edisi berikutnya.

Salam,

Dewan Redaksi

Daftar Isi