Badan Geologi

Pusat Survei Geologi

Publikasi Khusus - Geodinamika Kuarter Daerah Sulawesi Utara

Khusus

Kata Pengantar

Geodinamika Kuarter Daerah Sulawesi Utara

978-979-551-036-9

Publikasi Geodinamika Kuarter daerah Sulawesi Utara merupakan kumpulan makalah dari hasil penelitian kebencanaan geologi di daerah Manado, Minahasa dan Danau Tondano, Sulawesi Utara. Materi yang digunakan bersumber dari hasil kegiatan penelitian tahun anggaran 2002 hingga 2005 yang sudah diterbitkan dalam berbagai jurnal ilmiah.
Tujuan dari publikasi ini antara lain:
1. Mempresentasikan penelitian-penelitian yang saling berkaitan untuk meningkatkan pemahaman mengenai dinamika peristiwa bumi, khususnya pada Zaman Kuarter daerah Sulawesi Utara.
2. Menyebarluaskan hasil dari berbagai penelitian geologi Kuarter di daerah Sulawesi UtarA.
3. Menyajikan data dasar dan informasi yang beraspek kebumian untuk kepentingan perencanaan dan pembangunan di wilayah Sulawesi Utara
Materi penyusunan publikasi ini terdiri atas 3 bagian, yaitu pendahuluan, kumpulan tulisan (paper) terpilih dan penutup. Kumpulan tulisan (paper) terpilih dikelompokkan menjadi 3 yaitu: aspek sedimentologi dan stratigrafi Kuarter yang membahas kondisi bawah permukaan cekungan Kuarter. Kelompok selanjutnya adalah Dinamika bentuk lahan, membahas mengenai kondisi permukaan dan dinamikanya. Dan kelompok terakhir adalah potensi lingkungan dan kebencanan, merupakan contoh penerapan dari pemahaman geodinamika Kuarter di bidang lingkungan dan kebencanaan.
Pada kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Dr. Ir. Adhi Wibowo, MSc. selaku Kepala Pusat Survei Geologi atas prakarsa, saran, dan izinnya sehingga publikasi ini terwujud. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Prof. Dr. M.T. Zen atas diskusinya serta rekan-rekan peneliti yang telah memberikan sumbangan berupa makalah dalam melengkapi publikasi ini.

Bandung, Desember 2013
Penyusun
Akbar Cita, ST, MSc

Daftar Isi